Satelit Alami

Selasa, 15 April 2008


desdemona


Desdemona
(dez'-də-moe'-nə, IPA: /ˌdɛzdɨˈmɔʊnə/) adalah satelit planet Uranus. Satelit ini ditemukan dari gambar yang diambil oleh Voyager 2 pada tanggal 13 Januari 1986, dan diberi penamaan S/1986 U 6. Desdemona dinamai dari istri Othello dalam drama William Shakespeare, Othello. Satelit ini juga dinamai Uranus X.






Dione (dye-oe'-nee) adalah sebuah satelit alami planet Saturnus yang ditemukan oleh Giovanni Cassini tahun 1684. Satelit alami ini memiliki nama yang berasal dari mitologi Yunani, dimana Diona dan Zeus membuat Aphrodite.







Europa
adalah bulan besar di planet Jupiter.

Europa memiliki diameter sekitar 3000 kilometer dan permukaannya dilapisi es. Ilmuwan berpikir bahwa dibawah permukaan beres terdapat samudra dibawah permukaan. Di bawah es dan samudra Europa, mungkin terdapat inti dari batuan.

Bulan Europa ditemukan oleh Simon Mauris pada Desember 1609







Hyperion adalah sebuah satelit alami/bulan di Saturnus yang ditemukan pada tanggal 16 September 1848 oleh William Cranch Bond, George Phillips Bond dan William Lassell. Bentuk satelit ini mirip dengan spons. Rotasi satelit ini tidak seperti Bumi dan Bulan, atau bahkan satelit alami lainnya di tata surya.







Iapetus (eye-ap'-ə-təs, Lassell, William (January 14 1848). "Satellites of Saturn". Monthly Notices of the Royal Astronomical Society 8 (3): 42-43., adalah satelit alami terbesar ketiga di Saturnus, ditemukan oleh Giovanni Domenico Cassini tahun 1671. Iapetus diketahui untuk pewarnaannya, namun penemuan oleh misi Cassini telah membuka beberapa karakteristik fisikal. Misteri ini masih diselidiki oleh ilmuan, dan informasi tentang Iapetus masih terus diakumulasi.








Mimas
(mee'-məs atau mye'-məs, adalah satelit alami dari Planet Saturnus yang ditemukan pada tanggal 17 September 1789 oleh William Herschel. Mimas adalah anak dari Gaia dalam mitologi Yunani.










Phobos adalah salah satu dari dua satelit alami planet Mars. Satelit ini mengorbit Mars di radius 6.000 km. Saat ini, tidak ada satelit alam di tata surya yang mengorbit planet induknya dengan jarak sedekat ini.

Phobos semakin mendekati Mars sejarak 1,8 m tiap 100 tahun. Diperkirakan dalam waktu 50 juta tahun lagi, Phobos akan mengakhiri hidupnya dengan menabrak Mars. Gravitasi planet merah akan merenggut dan mencabiknya. Selanjutnya, akan terbentuk cincin yang mengelilingi Mars dari potongan Phobos.

Ada kawah besar di Phobos, selebar 10 km dan dinamakan "Stickney". Di kawah ini terisi debu, bahkan batu-batu besar terlihat menggelinding di permukaannya.

Seperti halnya Deimos, Phobos memiliki lapisan tebal regolith atau debu dan batuan dengan ketebalan 100 m. Regolith itu diduga berasal dari batuan ruang angkasa yang ditarik oleh gravitasi Phobos, lalu hancur berkeping dan sebagian besar berwujud serbuk.

Perbedaan temperatur di Phobos sangat mencolok. Di bagian yang terkena cahaya matahari memiliki temperatur seperti suhu di daerah subtropik saat musim dingin di Bumi, sedangkan bagian yang gelap bertemperatur -112 celcius.









Tethys adalah sebuah satelit alami Saturnus yang ditemukan oleh Giovanni Domenico Cassini tahun 1684.

Nama Tethys berasal dari mitologi Yunani. Satelit ini juga disebut Saturnus III atau S III Tethys. Cassini menamau 4 bulan yang ia temukan tahun 1671–1684 (Tethys, Dione, Rhea dan Iapetus) Sidera Lodoicea ("bintang Louis") untuk menghormati Raja Louis XIV dari PerancisLouis XIV.

0 komentar: