Penemuan Bumi baru..

Rabu, 16 April 2008

 
kembaran Bumi yang mengorbit di Gliese 581





Dunia dikejutkan dengan penemuan baru. Penemuan di bidang perbintangan atau yang lebih dikenal dengan Astronomi. Mereka, para astronom, telah menemukan sebuah planet di luar sistem tata surya kita yang berpotensi untuk dihuni, dengan suhu mirip Bumi.

Planet itu mempunyai ukuran yang sesuai dengan bumi, jaraknya mendekati 120 trilyun mil (20,5 tahun cahaya). Planet ini ditemukan dengan teleskop Observatorium Eropa Selatan di La Silla, Chili.

Apa yang mereka lihat adalah planet yang memutari bintang Red-Dwarf, Gliese 581. Red dwarf adalah bintang dengan energi rendah, bintang kecil yang mengeluarkan cahaya merah dan lidah apinya lebih daripada bintang-bintang seperti matahari.

Planet itu 5 kali lebih berat daripada bumi. Berdasarkan teori, planet yang disebut sebagai 581 c mempunyai atmosfer, tapi apa yang terdapat di dalamnya masih merupakan misteri.

Suhu rata-rata diberbagai tempat antara 0 dan 40 derajat Celcius dan sudah membuat gembira diantara para astronom.

Kita bisa melihatnya dengan bantuan teleskop di rasi bintang Libra arah tenggara sore hari di belahan bumi utara.

Sebelum Anda memesan penerbangan menuju 581 c, sedikit pesan dari alien: “Seseorang yang berada di planet baru mungkin lebih cepat bertambah berat, dan hari kelahirannya akan bertambah lebih cepat saat mengorbit bintang setiap 13 hari.

Gravitasinya 1,6 kali sekuat bumi sehingga berat orang 150 pon menjadi terasa seperti 240 pon.

Planet ini 14 kali lebih dekat ke bintang dalam mengorbit. Stephane Udry, pemimpin tim penemu planet baru, menggambarkan bintang Red Dwarf berukuran 20 kali lebih besar daripada bulan. Dan sepertinya, tapi masih belum diketahui, planet ini tidak berotasi, sehingga satu sisi tetap gelap dan satu sisi terang.

Dua tim astronom, satu di Eropa dan satu di USA, telah berlomba untuk menjadi yang pertama menemukan planet mirip 581 c di luar tata surya kita.

0 komentar: